Arsitektur Komputer & Struktur Kognitif Manusia

Nama : Ariani Widya Ningsih

Kelas : 4 PA 09

NPM : 11510030

 

1. Pengertian Arsitektur

Arsitektur ini dapat didefiniskan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah perangkat komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja dan target biayanya. Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing-masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat ke memori cache, RAM, ROOM, cakram keras, dll.

Arsitektur dikenal juga sebagai suatu tradisi yang berkembang. Dari waktu ke waktu wajah arsitektur selalu mengalami perubahan. Hal-hal yang mempengaruhi perkembangan dan pengembangan arsitektur tidak hanya berupa keadaan eksternal, tetapi juga keadaan internal. Disini kita membahas mengenai evolusi arsitektur pada komputer. Arsitektur dari komputer sendiri merupakan suatu susunan atau rancangan dari komputer tersebut sehingga membentuk satu kesatuan yang dinamakan komputer. Komputer sendiri berevolusi dengan cepat mulai dari generasi pertama hingga sekarang. Evolusi sendiri didasarkan pada fungsi atau kegunaannya dalam kehidupan. Evolusi pada komputer sendiri ada karena keinginan atau hal yang dibutuhkan manusia itu sendiri. Sekarang ini komputer sudah dapat melakukan perintah yang sulit sekalipun tidak seperti dulu yang hanya bisa melakukan yang sederhana saja. Itulah yang dinamakan evolusi arsitektur yaitu perubahan bentuk juga fungsi dan kemampuannya.

Menurut hasil analisa saya arsitektur komputer yaitu, banyak sekali perubahan yang terjadi dari generasi pertama hingga sekarang, bahkan komputer itu sendiri bisa melakukan perintah sekalipun perintah itu sulit.

2. Struktur Kognisi Manusia

Menurut Ausable ia berpendapat bahwa struktur kognitif merupakan organisasi pengetahuan atau dengan kata lain bahwa struktur kognitif dapat disebut sebagai pengetahuan. Struktur kognitif seseorang tidak lain adalah organisasi pengetahuan faktual yang diperoleh dari lingkungan. Struktur kognitif terbentuk dari informasi lingkungan sebagai suatu stimulus dari lingkungan yang selalu berubah, maka struktur kognitif atau pengetahuan pun akan terus berkembang. Keadaan struktur kognitif yang berkembang inilah yang mungkin menjadi prasyarat bagi seseorang yang untuk mengasimilasi dan mengakomodasi pengetahuan atau informasi lain dari lingkungan sehingga struktur kognitif ini dapat memiliki kemampuan untuk berkembang.

Beberapa aspek yang mempengaruhi struktur kognitif, antara lain :

a. berdasarkan perkembangan individu dan kedewasaan

b. sifat belajar yang lebih bermakna dari pengalaman yang terintegrasi

c. ketepatan dalam mentraspormasi informasi stimulus dan pengalaman melalui fungsi kognisinya

3. Kaitan Antara Struktur Manusia dan Arsitektur Komputer

Manusia dalam mempermudah pekerjaannya, melakukan berbagai upaya pengembangan teknologi untuk berbagai bidang aktivitas dan kebutuhannya. Teknologi yang mampu mempermudah pekerjaan manusia baik dalam bentuk pekerjaan yang mengandalkan kontribusi langsung dengan kemampuan berfikir (mengolah data dan lain sebagainya). Ada juga pekerjaan yang berhubungan dengan tenaga (pemograman mesin produksi) adalah komputer. Komputer dapat menyimpan dan memproses data sesuai dengan kebutuhan penggunanya, yaitu manusia. Perbedaannya adalah pengetahuan yang ada dalam otak manusia merupakan hasil dari proses perkembangan kognitif manusia tersebut. Pengetahuan bagi manusia dapat digantikan dengan nama program bila pada komputer, dan program pada komputer adalah hasil ciptaan manusia.

Struktur Manusia

Merupakan bagian atau komponen yang terstruktur dalam otak manusia yang memberi pengetahuan berdasarkan sistem, skema, adaptasi, asimilasi dan akomodasi yang membentuk suatu kematangan dan pengalaman otak dalam menjalankan kehidupan sosial bagi seorang manusia, mempunyai struktur yang sangat kompleks.

Arsitektur Komputer

Arsitektur  komputer adalah hasil dari kognisi manusia. Dengan proses berfikir dan otak berkemampuan tinggi yang dimiliki, manusia mampu merangkai benda, membuat program, membuat pola dari sistem komputer, sehingga yang memiliki peran utama adalah manusia itu sendiri, dan jika disatukan maka akan menimbulkan suatu hubungan timbal balik yang sangat menguntungkan bagi manusia.

Jadi, struktur manusia dan arsitektur komputer di era globalisasi seperti sekarang ini sangat berkesinambungan satu sama lainnya, dimana dalam gaya hidup seseorang banyak sekali kegiatan manusia yang berhubungan dengan komputer ini dapat mempermudah dalam pekerjaan maupun keseharian mereka baik dalam komunikasi dan sosial lainnya.

4. Kelebihan dan Kelemahan Arsitektur Komputer

Kelebihan :

a. Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu

b. Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user)

c. Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan

d. Menggunakan tekhnologi time sharring

Kekurangan :

a. Karena ukurannya yang besar, maka diperlukan ruangan yang besar untuk menyimpannya

b. Harganya sangat mahal

c. Interface dengan pengguna masih menggunakan teks

d. Kerjanya sangat lama

Kelemahan dan Kelebihan Struktur Kognisi

Kelebihan :

a. Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas

b. Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar

c. Mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal

Kekurangan :

a. Membutuhkan waktu yang cukup lama

b. Terkadang sulit mengaplikasikannya dikehidupan sehari-hari, karena tergantung individu masing-masing dalam mengoptimalkan cara berfikir mereka.

Referensi :

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/03/analisa-perbedaan-struktur-kognisi-manusia-dan-arsitektur-komputer-2/

Tentang naypsikosa

Mari berkenal, mari belajar, mari bergabung, marimarrrrrr guys. Oia Aku suka sama orang yang suka sama aku loh :D
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s