Sistem Informasi Psikologi

Nama : Ariani Widya Ningsih
Kelas : 4 PA 09

NPM : 11510030

1. Pengertian Informasi

Informasi adalah hasil pemrosesan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem tersebut menjadi bentuk yang mudah dipahami dan merupakan pengetahuan yang relevan yang dibutuhkan oleh orang untuk menambah pemahamannya terhadap fakta-fakta yang ada, sehingga dapat digunakan untuk pengambilan suatu keputusan. Adapun menurut para tokoh mengenai informasi sebagai berikut :

Menurut Wiryanto (2004) hasil dari proses intelektual seseorang.

Menurut Zulkifli Amsyah (2005) informasi adalah data yang sudah diolah kedalam bentuk tertentu sesuai dengan keperluan pemakaian informasi tersebut.

Menurut Kusrini & Andri Kaniyo (2007) informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi.

Menurut Chr. Jimmy. L. Gaol (2008) informasi adalah segala sesuatu keterangan yang bermanfaat untuk para pengambil keputusan/manajer dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Menurut Hendi Haryadi (2009) informasi dapat didefinisikan sebagai hasil pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan kejadian-kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

Analisa yang dapat saya jabarkan dari beberapa definisi diatas tersebut bahwasanya informasi adalah sumber berita yang sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi setiap manusia dan dapat menjadi komunikasi secara langsung maupun tidak langsung bagi penerima ataupun pemberi informasi tersebut.

2. Pengertian Sistem

Sistem itu sendiri berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) yang dapat diartikan sebagai suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu entitas yang berinteraksi, dimana suatu model matematika seringkali bisa dibuat. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak. Kumpulan elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujaun tertentu seperti input, proses, dan output. Definisi menurut para tokoh mengenai sistem ialah :

Menurut Hanif Al Fatta  (2007) sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur atau variabel-variabel yang saling terorganisasi, saling berinteraksi, dan saling bergantung satu sama lain.

Menurut Ida Nuraida (2008) sistem adalah kumpulan komponen dimana masing-masing  komponen memiliki fungsi yang saling berinteraksi dan saling bergantung serta memiliki satu kesatuan yang utuh untuk bekerja mencapai tujuan tertentu. Lalu ,

Menurut Chr. Jimmy L. Gaol (2008) sistem adalah hubungan satu unit dengan unit-unit lainnya yang saling berhubungan satu sama lainnya dan yang tidak dapat dipisahkan serta menuju suatu kesatuan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Apabila satu unit macet/terganggu, unit lainnya pun akan terganggu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut.

Menurut analisa saya mengenai sistem ini adalah satu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, atau materi lainnya sehingga berhubungan satu sama lainnya.

3. Pengertian Psikologi

Psikologi berasal dari bahasa Yunani yang merupakan penggabungan dari kata psyche dan logos. Psyche yang berarti jiwa dan logos berarti ilmu. Bisa juga diartikan ilmu jiwa secara Harafiah. Istilah psyche atau jiwa masih sulit didefinisikan karena jiwa itu merupakan objek yang bersifat abstrak, sulit dilihat wujudnya meskipun tidak dapat dipungkiri keberadaannya.

Menurut Ensiklopedi Nasional Jilid 13 (1990) psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang baik yang dapat dilihat secara langsung maupun tidak langsung.

Menurut Dakir (19993) psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan.

Menurut Muhibbin Syah (2001) psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari  tentang tingkah laku terrbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk, berjalan dan lain sebagainya. Sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan, dan lain sebagainya.

Analisa yang dapat saya simpulkan mengenai psikologi ini bahwa ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungan.

4. Sistem Informasi Psikologi

Sistem Informasi Psikologi adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mendapatkan informasi-informasi yang berhubungan dengan psikologi .

Contoh kasus disini ialah: Saat ini banyaknya jasa tes-tes psikologi secara online yang dulu hanya diberikan secara manual ini semua berkat pesatnya tekhnologi yang terjadi di dunia saat ini. Dan adanya sistem informasi dibidang psikologi ini mempengaruhi laboratorium psikologi dimana didalamnya sudah menggunakan prinsip ilmu komputer. Secara langsung ini menjadikan ilmu psikologi berkembang secara pesat berkat adanya perkembangan dan kerjasama dari pihak-pihak yang mengelola informasi dengan bidang psikologi.

Semoga bermanfaat🙂

Referensi :

Amsyah, Z. (2005). Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. (Google Book)

Dakir. (1993). Dasar-Dasar Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fatta, H.A. (2007). Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi (Google Book)

Gaol, C.J.L. ( 2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Grasindo. (Google Book)

Haryadi, H. (2009). Administrasi Perkantoran. Jakarta: Visi Media (Google Book)

Kusrini & Kaniyo, A. (2007). Tuntutan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Penerbit Andi (Google Book)

Muhibbinsyah. (2001). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nuraida, I. (2008). Manajemen Administrasi Perkantoran. Yogyakarta: Kanisius (Google Book)

Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo (Google Book)

 

 

Tentang naypsikosa

Mari berkenal, mari belajar, mari bergabung, marimarrrrrr guys. Oia Aku suka sama orang yang suka sama aku loh :D
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke Sistem Informasi Psikologi

  1. sangat bermanfaat untuk di perbanyak, makasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s