Apa yang anda ketahui tentang stress ?

“ Stress mungkin sudah hal biasa untuk orang-orang di sekeliling anda apalagi di zaman seperti ini,  atau anda sendiri pun mengalami stress ?

 

A.  Stress

 Stress adalah suatu kondisi seseorang mengalami tekanan melebihi kemampuan maksimum pada sikologis    sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat.

Menurut Dr. Hans Selye, guru besar emiritus ( purnawirawan ) dari universitas Montreal dan “penemu” stres. Sebagai seorang ahli faal ia terutama tertarik pada bagaimana cara stres mempengaruhi badan. Ia mengamati serangkaian perubahan biokimia dalam sejumlah organisme yang beradaptasi terhadap berbagai macam tuntutan lingkungan.

–         Faktor Individual

Faktor yang stress pada individual bisa terjadi karena keluarga misalnya terjadi kesalahan pada pola asuh yang di ajarkan, broken home, keadaan ekonomi yang tidak sesuai harapan serta adanya tradisi juga filsafat keluarga yang dianggap tidak sejalan dengan filsafat individu .

–         Faktor Sosial

Bisa jadi faktor lingkungan yang menyebabkan seseorang menjadi stress seperti bencana alam gempa bumi, tsunami, banjir dan longsor secara langsung akan membuat seseorang mempunyai tegangan tinggi dalam dirinya, apalagi orang tersebut menjadi korban bencana tersebut, gaya hidup yang modern dan perubahan zaman yang semakin canggih namu tidak di imbangi dengan penghasilan ini pun membuat seseorang menjadi stress .

 

B. Tipe-tipe Stress Psikologis

  1. Tekanan

Tekanan itu muncul tidak hanya dalam diri sendiri , bisa jadi dari luar diri, karena biasanya apa yang kita sukai bertentangan dengan apa yang menjadi pandangan orang tua dan ini bisa menjadi salah satu tekanan psikologis terhadap anak yang akan berdampak stress.

    2. Frustasi

Suatu kondisi psikologis yang tidak menyenangkan sebagai akibat terhambatnya seseorang dalam mencapai apa yang di inginkannya .

    3 Konflik

Konflik terjadi apabila ada perbedaan pendapat atau perbedaan cara pandang diantara beberapa orang, kelompok atau organisasi karena memiliki tujuan dan pandangan berbeda dalam upaya mencapai tujuan.

    4. Kecemasan

Kecemasan itu suatu respon atau sinyal menyadarkan seseorang tentang prasaan khawatir , gelisah , dan takut yang sedang ia rasakan. Ini timbul dari emosi seseorang karena merasa tidak nyaman, tidak aman atau merasakan ancaman dan sering kali terjadi tanpa adanya penyebab yang jelas ini karena respon terhadap situasi yang kelihatannya tidak menakutkan atau bisa juga sebagai hasil rekaan.

 

C.  Defence Mechanisms  ( Pertahanan Diri )

Menurut teori psikoanalisa mekanisme pertahanan diri membantu individu mengatasi kecemasan dan tercegahnya ego. Mekanisme pertahanan diri ini tidak selalu negatif dan patalogis tetapi bisa sebagai satu cara penyesuaian diri untuk menghadapi suatu kenyataan.

Freud menggunakan mekanisme pertahanan diri untuk menunjukkan proses tak sadar yang melindungi si individu dari kecemasan melalui pemutar balikan kenyataan atau melindungi ego ( dirinya ) dari keadaan yang mencemaskan atau keadaan yang akan melukai egonya .

Menurut Lazanus ( Santrock 2003 : 566 ) penanganan stress atau coping terdiri dari dua bentuk, yaitu :

  1. Problem- Pocused Coping ( Coping yang berfokus pada masalah ) yaitu istilah Lazarus untuk strategi kognitif untuk penanganan stress atau coping yang digunakan oleh individu yang menghadapi masalahnya dan berusaha menyelesaikannya .
  2. Problem- Pocused Coping ( Coping yang berfokus pada emosi ) yaitu istilah Lazarus untuk penanganan stress dimana individu memberikan respon terhadap situasi stress dengan cara emosional, terutama denngan menggunakan penilaian defensif.

 

D.Problem Solving Terhadap Stress

Proses mental dan intelektual dalam menemukan masalah dan memecahkan berdasarkan data dan informasi yang akurat, sehingga dapat diambil kesimpulan yang cermat dan akurat . Misalnya , kita memghadapi masalah yang membuat kita setress jalan satu-satunya ialah yakin kepada tuhan dan berdoalah maka tuhan pun memberi jalan keluarnya kepada kita .

 

 

Sumber :

Anderson, R.C. 1959. Learning in discussion. “A Resume of the Authoritarian-Demoratic Studies. “Harvard Education Review, 29,201-215.

Dunnette, M.D. ed. 1976. Handbook of Industrial Psychology. Chicago:

      Rand McNally.

Tentang naypsikosa

Mari berkenal, mari belajar, mari bergabung, marimarrrrrr guys. Oia Aku suka sama orang yang suka sama aku loh :D
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s