STRES

Stres adalah suatu kata yang sudah biasa kita dengar. Bukan hal yang aneh lagi jika kita mendengar orang menyelipkan kata stres dalam pembicaraan sehari-hari.
Stres suatu kesenjangan antara kondisi individu dengan kondisi lingkungan ( salah satu pihak memiliki tuntutan yang lebih tinggi dari kemampuan pihak lainnya ).
Situasi tersebut dinamakan negatif oleh individu. Ia tidak mampu menghadapinya sehingga merasa tertekan/terhambat/terancam keinginan/harapannya.
Perasaan tertekan ini muncul dalam bentuk gangguan psikis atau fisik.

 

Menangani Stres Pada Anak

Ketika sudah menyadari bahwa anak menderita stres, lalu apa yang harus dilakukan agar dapat membantu anak mengatasi perasaan tidak menyenangkan tersebut ? Apakah akan berhenti sampai pada mengetahui bahwa anak sedang stres ? Apakah akan berhenti sampai pada memahami penyebab timbulnya stres pada anak ?

Sebagai orangtua, kita akan berusaha sebisa mungkin memberikan yang terbaik guna mengembalikan anak ke kondisi normal. Dengan mengetahui anak sedang stres, orangtua akan mengupayakan pemulihan agar semuanya kembali normal.

Upaya pemulihan dan antisipasi terhadap stres sangat perlu dilakukan terutama karena kondisi stres memberikan efek negatif bagi perkembangan fisik bagi maupun psikis anak. Tentu orangtua tidak ingin ada hal negatif yang terjadi pada anaknya. Setiap orangtua tentu menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Apapun akan dilakukan orangtua untuk kebaikan anaknya.

Ketika anak mengalami stres, ada beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua untuk memperbaiki keadaan. Langkah pertama yang harus dilakukan :

1.     Jangan Panik

Orangtua yang menjadi panik melihat kondisi stres anaknya, secara umum tidak akan obyektif dalam melihat anaknya secara keseluruhan. Akibat panik orangtua akan sulit menyelesaikan masalah.

Artinya, orangtua yang panik tidak menyelesaikan masalah. Mereka membuat anak bertambah stres, dengan tingkah laku atau ucapan mereka yang mencerminkan stres mereka sendiri. Karena biasanya, orangtua yang panik akan mengeluarkan kata-kata atau tingkah laku yang tidak “tepat” yang bukannya menyelesaikan masalah, tapi justru akan menambah masalah.

 2.     Temukan Penyebabnya

Seorang anak yang menunjukkan gejala stres, tentu diakibatkan suatu masalah yang ia alami. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, penyebab stres begitu beragam. Dari yang bersumber dari dalam diri si anak, dari luar diri anak, di lingkungan rumah atau sekolah atau lainnya. Dari beragam penyebab itu, tak sedikit yang secara umum dianggap sebagai hal-hal yang biasa terjadi, yang untuk anak-anak adalah suatu hal yang potensial menjadi sumber stres. karena itu, masalah menentukan penyebab bukanlah suatu perkara yang mudah.

Padahal menentukan penyebab itu penting karena menyangkut bagaimana suatu masalah atau stres yang dialami si anak dicarikan jalan keluarnya. Jika salah menentukan penyebab, akibatnya adalah penyelesaian yang tidak tepat, yang juga berarti masalah masih berlanjut, yang berujung pada kondisi tidak nyaman yang terus dirasakan si anak. Lebih jauh lagi kondisi ini akan memengaruhi kesehatan perkembangan jiwa dan fisiknya.

Untuk Memudahkan Orangtua Mengidentifikasi Penyebab Stres Pada Anak, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan :

  1. Berkomunikasi dengan anak

Cara yang paling mudah adalah bertanya langsung pad si anak. Ada cara khusus yang patut digunakan ketika berusaha menggali informasi mengenai perubahan tingkah laku atau emosi yang ditampilkan. Langkah-langkahnya adalah :

  • Buatlah suasana tenang dan santai

Cari waktu santai yang bisa anda manfaatkan berdua. Lupakan keinginan untuk mencari dan mendapatkan informasi langsung dari si anak jika waktu anda sempit atau dalam situasi ramai atau banyak orang lain. Hindari suasana formal dan kaku .

  1. Mulailah dengan topik ringan dan hangat

Terutama bagi mereka yang jarang berbicara dengan anaknya. Bukan berbicara dalam pengertian berkata-kata untuk hal-hal umum, tapi berbicara dalam artian mengobrol atau berdiskusi tentang berbagai hal, terutama hal-hal pribadi si anak.

Akan sangat janggal bila tiba-tiba orangtua, yang jarang berbicara pada anaknya, mengajak anaknya mengobrol dan langsung membicarakan topik serius, atau topik yang berpotensi menimbulkan perasaan tidak enak pada anak karena si anak juga tidak menyukaii topik tersebut. Dapat dipastikan anak akan “menolak” membicarakan hal tersebut dan reaksi yang umum adalah anak akan menghindar dari orangtuanya. Mulailah dengan topik yang ringan seputar kehidupan si anak. Jangan langsung memojokkan anak dengan pertanyaan tertutup ( pertanyaan yang hanya bisa dijawab dengan betul atau salah, atau pertanyaan dengan jawaban ya atau tidak, yang bertemakan masalah pribadi si anak, apalagi yang berisi dugaan orangtua tentang kondisinya saat itu ). Misalnya, tanyalah tentang pelajaran hari itu, teman-temannya, mendiskusikan lagu yang ia senangi, film yang diputar ditelevisi  dan lain sebagainya.

  1. Perhatikan intonasi suara anda, postur tubuh dan raut muka .

Kenapa semua ini perlu diperhatikan agar ketika berbincang-bincang dengan si anak suasana menjadi rileks. Hal ini penting karena bagaimana pun, tentu akan terasa lebih nyaman untuk bercerita pada orang yang terkesan “welcome” pada kondisi tidak menyenangkan yang tengah ia alami, dari pada bercerita pada mereka yang bertampang “dingin” , intonasi suara menekan dan postur tubuh yang kaku.

 

 

Abbas, Abdullah bin, 2007. Kiat Mengatasi Stres Anak Melalui Sikap Kasih Sayang OrangTua. Jakarta: Restu Agung.

Tentang naypsikosa

Mari berkenal, mari belajar, mari bergabung, marimarrrrrr guys. Oia Aku suka sama orang yang suka sama aku loh :D
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s