ETIKA dalam ber-FACEBOOK

   Hey guys , sekarang ini siapa sih yang nggak kenal dengan dunia maya , dari zaman nya friendster , YM , e-mail , facebook , twitter dan lain sebagainya yang lagi booming sekarang ini . Rata-rata bagi mereka yang sudah kegandrungan sama cyber community , mulai dari mailing list, forum online hingga social networking, dan sekarang yang mau kita bahas adalah masalah facebook . Pasti kalian sudah mengenal kan dengan akun yang satu ini , dari mulai anak SD sampai orang dewasa pun sekarang punya facebook loh, jadi buat para remaja jangan heran kalau kalian kalah hebat dengan mereka-mereka . Hhii !

Facebook disamping salah satu media jejaring sosial yang memberi banyak manfaat, tapi bila kita salah atau ceroboh menggunakannya bisa memberi dampak kurang baik bahkan fatal bagi diri kita. Seperti banyak terjadi saat ini, bahkan kasusnya banyak yang di meja hijau kan. Wahhhh… !!!

Karena itu, ada baiknya kita perhatikan etika ber-facebook, agar kita bisa ber-facebook dengan fun dan banyak memberi manfaat bagi orang lain :

  1. Perhatikan Status

Untuk para remaja, ada baiknya mencantumkan status single lebih baik dari pada mengaku sudah berpasangan. Bukan melarang status berpacaran, karena itu akan memberikan image kurang baik, apalagi kalo di pasang fhoto dengan pose kurang etis bersama sang pacar .

 2. Selektif Memilih Teman

Lebih baik kita meng-add teman yang kita kenal dengan baik terlebih dahulu. Tapi kalau ingin memperluas pertemanan boleh saja, asal perhatikan faktor selektif jangan sampai teman baru kita memberi pengaruh negatif.

Soalnya telah banyak kasus yang merugikan akibat kita meng-add teman sembarangan, dan banyak pula para gadis yang tertelan dalam dunia facebook, berawal dari seringnya mereka chat akirnya ketemuan dan dibawa kabur oleh teman chatnya yang belum terlalu ia kenal, maka untuk menghindari hal seperti itu apabila orang yang sedang chat dengan kita mencurigakan  hapus saja dari daftar pertemanan kita.

 3. Hati-hati Menulis Status

Status digunakan untuk menulis hal-hal positif dan bisa diambil manfaatnya bagi orang lain. Karena tulisan status kita mencerminkan kepribadian kita yang akan dibaca oleh orang lain.

 4. Jangan banjiri profil dengan fhoto, video, dan komentar yang berkaitan dengan gagalnya kehidupan kita

Hal itu sepertinya tidak pantas dilakukan di facebook. Jika kita ingin minta simpati, teleponlah teman kita, jangan bertanya pada orang-orang di dunia maya, apalagi di facebook yang di akses banyak orang. Kita malah bisa ddi permalukan .

 5. Jangan  Curhat dan Buka Rahasia di Facebook

Jika kita ingin curhat dan sejenisnya, lebih baik kita tidak melakukannya di facebook. Gunakan saja e-mail, telepon atau lakukan saat sedang makan bersama teman kita misalnya. Masih banyak fasilitas lain bukan ? kita tentu tidak ingin rahasia kita diumbar oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

 6. Kenali Perbedaan antara Wall dan Message

Suatu pernyataan yang menyangkut hubungan pribadi anda sebaiknya tidak usah terlalu di ekspose. Kalimat seperti “ I love you soo much babyyyyyyyy… I Can’t wait too see 2neit”,  mungkin akan lebih cocok ditulis di message.

 7. Jangan Sekali-kali Membuat Profil Palsu

Mungkin terlintas dibenak kita untuk membuat akun palsu mantan pacar kita atau orang yang telah menyakiti kita. Kemudian, kita posting hal-hal buruk tentangnya. Tentu saja, jangan pernah benar-benar melakukan hal ini. Jika aksi kita ketahuan, orang-orang malah bisa memberi cap negatif pada kita.

Intinya adalah jangan umbar banyak informasi tentang diri kita , apalagi yang bersifat pribadi. Kita tak akan pernah tahu apa saja yang bisa terjadi ke depannya.

Ingat, dunia maya meski menyenangkan tetap penuh dengan resiko dan juga orang-orang yang bisa merugikan kita. Jadi manfaatkan fasilitas moderndengan bijak, sehingga manfaatnya dapat kita rasakan bersama.

 

 

Semoga Bermanfaat Guys , dan bisa kita contoh dari apa yang saya uraikan di atas :) 

Tentang naypsikosa

Mari berkenal, mari belajar, mari bergabung, marimarrrrrr guys. Oia Aku suka sama orang yang suka sama aku loh :D
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s